Cara Mengetahui dan Mengukur Nilai Watt Pada Resistor



Tentu anda semua para teknisi elektronika atau seorang magasiswa yang belajar tentang elektronika sudah tidak asing dengan komponen yang bernama resistor. Ya, resistor sendiri termasuk salah satu komponen elektronika dasar yang sangat penting dan digunakan di hampir semua jenis rangkaian elektronika, termasuk rangkaian yang sangat sederhana sekalipun.
Resistor sendiri memiliki fungsi sebagai hambatan/penghambat listrik. Jenis-jenisnya pun sangat beragam mulai dari resistor tetap sampai dengan resistor variabel. Satuan dari resistor sendiri adalah ohm (Ω). Biasanya kita bisa mengetahui nilai hambatan dari sebuah resistor dengan cara melihat gelang warna yang ada pada bagian bodynya.
Selain hambatan, biasanya kita menilai sebuah resistor dari dayanya atau wattnya. Mungkin beberapa teknisi elektronika belum tahu bahwa resistor ternyata punya nilai daya. Oleh sebab itu pada kesempatan kali ini belajarelektronika.net akan mengajak anda semuanya untuk melihat info lengkap mengenai daya atau nilai watt pada resistor. 
Pada dasarnya untuk mengetahui dan mengukur daya pada sebuah resistor tidaklah begitu rumit. Kita hanya perlu mengetahui nilai arus, tegangan, dan juga hambatan pada sebuah resistor yang ingin kita ukur dayanya. Untuk itu bisa langsung digunakan persamaan atau rumus sebagai berikut.
Sumber gambar : belajarelektronika.net


Keterangan :
P  adalah daya resistor (watt)
V  adalah tegangan resistor (volt)
I  adalah arus mengalir melalui resistor (Ampere)
adalah resistansi resistor (Ohm (Ω)
Dengan rumus cara mengetahui daya resistor tadi, anda bisa mengukur nilai watt pada sebuah resistor dengan mudah dan tepat. Jika masih bingung silahkan tinggalkan pertanyaan pada kolom komentar yang sudah kami sediakan di bawah ini agar kita bisa sama-sama belajar.
Demikianlah ulasan singkat mengenai cara mengetahui dan mengukur nilai watt pada resistor dengan mudah. Semoga info ini bisa bermanfaat bagi para pembaca semua.
Previous
Next Post »

2 comments

Click here for comments