Membuat Rangkaian Pengendali Jarak Jauh Sederhana dengan Telepon

Pernahkah anda melihat film-film fiksi yang dimana ada sebuah teknologi yang dapat mengendalikan suatu alat elektronika dari jarak jauh?. Tentunya dengan adanya teknologi seperti ini kita semua akan merasa sangat terbantu apabila semua peralatan listrik yang berada di rumah bisa dikendalikan dari jarak jauh seperti halnya di film-film sains fiksi tersebut. Ternyata saat ini kita benar-benar bisa mengendalikan peralatan listrik dari jarak jauh.
Tentu anda akan bertanya-tanya bagaimana cara kerjanya? Nah, kita bisa memanfaatkan saluran telepon untuk mengendalikan peralatan listrik dari jarak jauh lhoo.. Jadi kita bisa membuat sebuah alat yang terdiri dari beberapa blok rangkaian elektronika. Alat tersebut yang nantinya akan diparalel dengan saluran alat telepon.

Dikesempatan yang baik ini blog hmetirtayasa akan mengajak anda semua melihat bagaimana cara membuat alat pengendali jarak jauh sederhana dengan telepon. Apakah anda sudah tidak sabar ingin mencobanya? Langsung saja silahkan simak baik-baik ulasan yang satu ini.

Alat Pengendali Jarak Jauh dengan Telepon
Sebelum menginjak ke skema rangkaiannya, perlu anda ketahui pada alat pengendali jarak jauh dengan HP atau telepon ini menggunakan sebuah mikrokontroller AT89C2051 yang mungkin sudah cukup familiar bagi anda. Tak perlu berlama-lama lagi langsung saja silahkan simak gambar skema rangkaiannya seperti gambar dibawah ini.




Cukup sederhana bukan? Prinsip kerja dari alat pengendali jarak jauh dengan menggunakann HP ini terbilang cukup sederhana, yakni dengan cara memantau nada-nada yang dikirimkan oleh HP lawan. Pengguna harus mengirimkan kode kunci alias password terlebih dahulu dengan cara menekan tombol telepon lawan sebelum memerintahkan alat untuk menghidup atau matikan peralatan listrik.

Apabila kode kunci atau password telah diterima dengan benar, selanjutnya alat siap menerima perintah-perintah untuk menghidup maupun matikan peralatan listrik yang dikehendaki dari jarak jauh. Alat ini dapat dipadukan dengan berbagai macam peralatan elektronik mulai dari lampu, mesin cuci, pompa air, kulkas, televisi, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Sekian dan semoga ulasan singkat / artikel mengenai rangkaian pengendali jarak jauh dengan telepon sederhana ini dapat bermanfaat bagi para pembaca semua, utamanya yang merasa kesulitan jika ingin mengendalikan peralatan elektronik yang ada di rumah maupun di kantor dari jarak jauh.


Sumber Referensi : http://belajarelektronika.net
Previous
Next Post »