Perbedaan Mikrokontroler dan Mikroprosesor



     Bagi anda seorang yang gemar dan sedang mendalami dunia elektronika pastinya akan dihadapkan pada pembahasan mengenai mikrokontroler dan mikroprosesor. Perlu diketahui bahwa mikrokontroler dan mikroprosesor merupakan sebuah alat yang dapat digunakan untuk membantu para teknisi dalam mempermudah membuat sebuah aplikasi elektronika.

     Sama halnya seperti arduino, mikrokontroler dan mikroprosesor juga dapat diibaratkan sebagai otak kontrol (Brain Controller) dari sebuah rangkaian elektronika.  Walaupun memiliki nama yang hampir sama, anda harus tahu bahwa mikrokontroler dan mikroprosesor adalah dua buah alat yang berbeda. Sebelum menarik kesimpulan mengenai perbedaan dua alat tersebut, sebaiknya terlebih dahulu kita pelajari terlebih dahulu apa itu mikroprosesor, dan apa itu mikrokontroler. Untuk memperjelas pemahaman anda mengenai apa itu mikrokontroler dan mikroprosesor, serta perbedaannya, silahkan simak ulasan yang akan saya berikan berikut ini.

Pengertian Mikroprosesor


     Mikroprosesor adalah sebuah Central Processing Unit (CPU) elektronik komputer yang terbuat dari transistor mini dan sirkuit lainnya di atas sebuah sirkuit terintegrasi semikonduktor. Sebuah mikroprosesor dilengkapi dengan tiga buah memori, yakni Read Only Memory (ROM) yang merupakan memori yang hanya bisa dibaca, Read Write Memori (RWM) yang merupakan memori yang bisa dibaca dan ditulisi, dan decoder memori,. Selain itu juga terdapat osilator dan sejumlah peralatan input output. Secara garis besar, mikroprosesor terdiri dari 3 bagian penting, yakni Arithmetic Logic Unit (ALU), Register Unit (RU), serta Control Unit (CU).

     Sebelum berkembangnya mikroprosesor, CPU elektronik terbuat dari sirkuit terintegrasi TTL terpisah; sebelumnya, transistor individual; sebelumnya lagi, dari tabung vakum. Bahkan telah ada desain untuk mesin komputer sederhana atas dasar bagian mekanik seperti gear, shaft, lever, Tinkertoy, dll. Evolusi dari mikroprosesor telah diketahui mengikuti Hukum Moore yang merupakan peningkatan performa dari tahun ke tahun. Teori ini merumuskan bahwa daya penghitungan akan berlipat ganda setiap 18 bulan, sebuah proses yang benar terjadi sejak awal 1970-an; sebuah kejutan bagi orang-orang yang berhubungan. Dari awal sebagai driver dalam kalkulator, perkembangan kekuatan telah menuju ke dominasi mikroprosesor di berbagai jenis komputer; setiap sistem dari mainframe terbesar sampai ke komputer pegang terkecil sekarang menggunakan mikroprosesor sebagai pusatnya.

Pengertian Mikrokontroller


     Mikrokontroller adalah sistem mikroprosesor lengkap yang terkandung di dalam sebuah chip. Mikrokontroler berbeda dari mikroprosesor serba guna yang digunakan dalam sebuah PC, karena di dalam sebuah mikrokontroler umumnya juga telah berisi komponen pendukung sistem minimal mikroprosesor, yakni memori dan antarmuka I/O, sedangkan di dalam mikroprosesor umumnya hanya berisi CPU saja. Mikrokontroler terdiri dari CPU, ROM, RWM, port input output paralel, port input output seri, counter timer, serta rangkaian clock. Tak jauh berbeda dari mikroprosesor, mikrokontroler dapat melakukan berbagai macam tugas.

Apa Perbedaannya?

     Setelah melihat definisi mikroprosesor dan mikrokontroler, pastinya anda bisa menarik kesimpulan tentang perbedaan dari kedua perangkat tersebut. Berikut adalah beberapa perbedaan pokok antara mikroprosesor dengan mikrokontroler yang harus anda simak baik-baik dan difahami.


Tabel: Perbedaan Mikrokontroler dan Mikroprosesor
Konfigurasi PINMikroprosesor Z-80 CPUMikrokontroler 801
Jumlah Pin4040
Jumlah Pin Alamat1616
Jumlah Pin Data88
Jumlah Pin Interupt22
Pin I/O32
Register 8 bit2034
Register 16 bit42
Ukuran Stack64 K128 K
ROM Internal4 Kbyte
RAM Internal128 byte
Memori Eksternal64 Kbyte128 Kbyte
Flag64
Timer02
Port Paralel04 x 8 bit
Port Serial01


Sumber Referensi :
https://en.wikipedia.org/wiki/Microcontroller
https://id.wikipedia.org/wiki/Mikroprosesor
http://belajarelektronika.net
Previous
Next Post »

9 comments

Click here for comments
Ujang
admin
September 7, 2017 at 3:05 AM ×

nice gan, sekarang saya jadi tau perbedaan nya

Reply
avatar
Unknown
admin
September 7, 2017 at 3:32 AM ×

oo gitu yaaa perbedaannya keren gan

Reply
avatar
NEWS SITE
admin
September 7, 2017 at 3:33 AM ×

Wah jadi seperti itu perbedaannya yah. Thanks infonya. Ibratama

Reply
avatar
ardi
admin
September 7, 2017 at 3:43 AM ×

bermanfaat skali gan artikelnya

Reply
avatar
amrullah
admin
September 8, 2017 at 2:33 AM ×

informasinya sangat bermanfaat gan

Reply
avatar
Arnanaalf
admin
September 9, 2017 at 9:42 AM ×

Nah loh bru paham saya mikrokontroler

Reply
avatar
admin
admin
September 9, 2017 at 10:19 PM ×

izin bookmark gan, mantep ni sesuai tugas kuliah

Reply
avatar
Trimanto
admin
October 18, 2017 at 7:12 AM ×

Terima kasih informasinya.. klo raspberry tu masuk apa ya? Ditunggu tulisannya tentang raspberry ya mas bro.. terima kasih

Reply
avatar